Psikologi dan Internet dalam Lingkup Interpersonal
Psikologi dan Internet dalam Lingkup Interpersonal
Minggu ke 3
Interpersonal
Apa yang
dimaksud intrepersonal ?
Baik ,
disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai, apa si yang dimaksud
intrepersonal ?
Menurut Effendi, pada hakekatnya komunikasi interpersonal adalah komunikasi antar komunikator dengan
komunikan, komunikasi jenis ini dianggap
paling efektif
dalam upaya mengubah sikap, pendapat atau perilaku seseorang, karena sifatnya
yang dialogis berupa percakapan. Arus balik bersifat langsung, komunikator
mengetahui tanggapan komunikan ketika itu juga. Pada saat komunikasi
dilancarkan, komunikator mengetahui secara pasti apakah komunikasinya positif
atau negatif, berhasil atau tidaknya. Jika ia dapat memberikan kesempatan pada
komunikan untuk bertanya seluas-luasnya (Sunarto, 2003, p. 13).
Itu
merupakan sedikit dari penjelasan tentang komunikasi personal menurut Effendi.
Dari penjelasan mengenai pengertian intrapersonal, terdapat tujuan-tujuan dari
komunikasi interpersonal ( Muhammad, 2004, p. 165-168 ) :, yaitu sebagai
berikut :
a.
Menemukan Diri Sendiri
Salah satu
tujuan komunikasi interpersonal adalah menemukan personal atau pribadi.
Komunikasi interpersonal memberikan kesempatan kepada kita untuk berbicara tentang apa yang kita sukai, atau mengenai diri kita. Adalah sangat menarik dan mengasyikkan bila berdiskusi mengenai perasaan, pikiran, dan tingkah laku kita sendiri. Dengan membicarakan diri kita dengan orang lain, kita memberikan sumber balikan yang luar biasa pada perasaan, pikiran, dan tingkah laku kita.
Komunikasi interpersonal memberikan kesempatan kepada kita untuk berbicara tentang apa yang kita sukai, atau mengenai diri kita. Adalah sangat menarik dan mengasyikkan bila berdiskusi mengenai perasaan, pikiran, dan tingkah laku kita sendiri. Dengan membicarakan diri kita dengan orang lain, kita memberikan sumber balikan yang luar biasa pada perasaan, pikiran, dan tingkah laku kita.
b.
Menemukan Dunia Luar
Hanya komunikasi interpersonal menjadikan kita dapat memahami lebih banyak tentang diri kita dan orang lain yang berkomunikasi dengan kita,
atau didalami melalui interaksi interpersonal
c. Membentuk Dan Menjaga Hubungan Yang Penuh
Arti
Salah satu keinginan orang yang paling besar adalah membentuk dan memelihara hubungan dengan orang lain. Banyak dari waktu kita pergunakan dalam komunikasi interpersonal diabadikan untuk membentuk dan menjaga hubungan sosial dengan orang lain.
d. Berubah Sikap Dan Tingkah Laku
Banyak
waktu kita pergunakan untuk mengubah sikap dan tingkah laku orang lain dengan
pertemuan interpersonal. Kita boleh menginginkan mereka memilih cara tertentu,
misalnya mencoba diet yang baru, membeli barang tertentu, melihat film, menulis
membaca buku, memasuki bidang tertentu dan lain-lain dan percaya bahwa sesuatu
itu apakah bisa disebut benar atau salah. Kita banyak
menggunakan waktu dan waktu terlibat dalam posisi interpersonal.
menggunakan waktu dan waktu terlibat dalam posisi interpersonal.
e.
Untuk Bermain Dan Kesenangan
Bermain mencakup semua aktivitas yang mempunyai tujuan utama adalah mencari kesenangan. Berbicara dengan teman mengenai aktivitas kita pada waktu akhir pecan, berdiskusi mengenai olahraga, menceritakan cerita dan cerita lucu pada umumnya hal itu adalah merupakan pembicaraan yang untuk menghabiskan waktu. Dengan melakukan komunikasi interpersonal semacam itu dapat memberikan keseimbangan yang penting dalam pikiran yang memerlukan rileks dari semua keseriusan di lingkungankita.
f.
Untuk Membantu
Ahli-ahli kejiwaan, ahli psikologi klinis dan terapi menggunakkan komunikasi interpersonal dalam kegiatan profesional mereka untuk mengarahkan kliennya. Kita semua juga berfungsi membantu orang lain dalam interaksi interpersonal kita sehari-hari. Kita berkonsultasi dengan seorang teman yang putus cinta, berkonsultasi dengan mahasiswa tentang mata kuliah yang sebaiknya diambil dan lain sebagainya.
Contoh :
Salah
satunya adalah berkomunikasi lewat dunia maya atau dengan menggunakan internet,
seperti chatting, ym-an, dll. Disini saya akan memberikan penjelasan mengenai
kekurangan dan kelebihan akan berkomunikasi bermedio termasuk dalam internet.
a.
Salah satu kelebihannya adalah efektif dalam waktu karena dapat berkomunikasi
dengan jarak jauh, antara satu sama lain tidak berada ditempat yang sama tetapi
masih bisa berkomunikasi dan jangkauannya dapat keseluruh pelosok di dunia
b.
bisa menjalin komunikasi secara cepat karena tidak perlu untuk bertemu atau
bertatap muka langsung
Kekurangnnya
meliputi :
a.
Antara kedua orang tersebut kurang bahkan tidak merasakan kedekatan emosional
karena tidak melihat wujud fisik dari lawan bicaranya
b.
Tidak dapat melihat komunikasi non verbal yang diberikan komunikator kepada
komunikannya padahal komunikasi non verbal itu penting dalam melakukan
komunikasi agar terbentuk mutual understanding antara keduanya.
c.
Begitu juga dalam penggunaan internet, biaya yang dikeluarkan lebih banyak
daripada berkomunikasi dengan telepon karena harus mempunyai perangkat PC atau
laptop beserta dengan jaringan telepon yang disambungkan untuk mengakses
internet itu sendiri, kalaupun tidak menggunakan PC atau leptop sendiri maka
akan mengeluarkan biaya untuk ke warnet untuk mengakses internet. Kemudian jika
menggunakan media internet dalam melakukan komunikasi bermedio maka diperlukan
keahlian khusus dalam mengoperasikan komputer maupun situs-situs yang ada di
internet itu sendiri.
d.
Banyak kebohongan yang terdapat dalam penggunaan media terlebih media virtual
karena tidak dapat melihat gerak-gerik maupun gesture yang diungkapkan dalam
non verbal dari lawan bicaranya dan pesan yang disampaikan tidak dapat
sepenuhnya dipertanggungjawabkan karena tidak ada bukti yang otentik.
Intrapersonal
Tadi sudah dibahas tentang apa yang dimaksud komunkasi interpersonal, dan
apa tujuan serta contoh dari komunikasi tersebut. Berikutnya akan dibahas
mengenai apa yang dimaksud dengan komunikasi intrapersonal ?
Komunikasi
Intrapersonal merupakan komunikasi yang berlangsung dalam diri seseorang. Orang
tersebut berperan baik sebagai komunikator maupun sebagai komunikan. Dia
berdialog dan bertanya jawab dengan dirinya sendiri, memberikan umpan balik
bagi dirinya sendiri dalam proses internal yang berkelanjutan. Biasanya
Komunikasi intrapribadi berlangsung ketika seseorang melakukan kegitan perenungan,
perencanaan dan penilaian kepada diri sendiri.
Contoh :
Aktivitas
dari komunikasi intrapribadi yang kita lakukan sehari-hari dalam upaya memahami
diri sendiri diantaranya adalah; berdoa, bersyukur, instrospeksi diri, dan
berimajinasi secara kreatif
Mampu
berdialog dengan diri sendiri, menunjukkan bahwa berarti kita mampu mengenali
diri kita. Dengan begitu kita dapat belajar bagaimana kita bisa mengamati dan
memberikan makna (intelektual dan emosional) kepada lingkungan kita.
Itu adalah sedikit dari penjelasan dan contoh mengenai komunikasi
Intrapersonal.
A. Pengaruh Budaya
Komponen demografi seperti gender, usia, budaya, dan
sociocultural telah diteliti kaitannya dengan interaksi manusia dan
internet oleh beberapa ahli cyberpsychology. Penelitian dari
Li & Kirkup (2007), menunjukkan bahwa para pelajar sekolah di Eropa
mempunyai pengalaman lebih dini dalam melakukan interaksi dengan internet
dibandingkan para pelajar usia sekolah di Asia. Selain karena internet memang
pertama kali ditemukan dan dikembangkan di negara-negara barat, hal ini juga
disebabkan kecepatan akses internet di Eropa yang jauh lebih cepat dibandingkan
kecepatan akses internet di Asia.
Kemudian, para pelajar di Eropa juga cenderung
menggunakan internet untuk keperluan mencari sumber-sumber untuk bahan belajar,
sementara pelajar di Asia lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang bersifat
pribadi seperti bermain gamedan menjalin hubungan
interpersonal. Hal ini disebabkan karena sistem pembelajaran di Eropa yang
lebih terbuka dalam mensyaratkan berbagai sumber ajar yang tersedia baik offline maupun online. Sedangkan sistem
pembelajaran di Asia masih menempatkan sumber-sumber seperti buku-buku dan
materi dari guru sebagai sumber pengetahuan yang lebih dihormati dibandingkan
sumber-sumber dari internet. Budaya individualist pada
masyarakat Eropa dan budaya kolektivis di Asia juga memengaruhi bagaimana
mereka bersikap terhadap hubungan interpersonal secara online. Di mana dalam
budaya kolektivis, menjalin hubungan interpersonal dan berkomunikasi dengan
siapa saja mempunyai arti yang sangat penting; sementara pada budaya
individualist berlaku sebaliknya.
B. Pengaruh Gender dan Usia
Sementara itu, berdasarkan gender, baik pria maupun
wanita pada kedua budaya sudah mulai menyadari kesetaraan gender dalam hal
mengakses internet pada usia universitas. Hanya saja, pola pengaksesan internet
pada wanita lebih cenderung digunakan untuk keperluan belajar,
sementara pria cenderung lebih banyak menggunakannya untuk kepentingan
pribadi seperti bersosialisasi dan bermain game. Hal ini kemungkinan
disebabkan oleh menurunnya perhatian pria kepada hal-hal yang bersifat akademik
maupun pencapaian prestasi akademik akhir-akhir ini. Meskipun kedua gender
setara dalam kepuasan berinteraksinya dengan internet, namun pria lebih percaya
diri dengan kemampuannya menggunakan internet dibandingkan wanita. Kemudian,
pria juga lebih banyak menghabiskan waktunya di internet dalam hal email, chatting dan game dibandingkan
wanita. Berdasarkan penelitian dari Thayer & Ray (2006), wanita lebih
menyenangi berhubungan secara offline atau
jika pun harus online hanya
akan berkomunikasi dengan kerabat dan teman-teman yang dikenalnya. Sehingga
tidak heran jika di situs-situs chatting, seperti http://worldofchat.co.uk misalnya,
kebanyakan user-nya
adalah pria, sementra user wanitanya
sangat sedikit.
Gb. 1. user pria
lebih banyak dibandingkan user wanita.
Terakhir, berdasarkan usia, para pelajar dengan
budaya barat terutama para pria telah berinteraksi dengan komputer sejak usia
dini. Sementara mayoritas pelajar di Asia mengenal komputer pertama kali pada
usia sekolah menengah atau di bangku universitas (Li & Kirkup, 2007). Kemudian
Thayer & Ray (2006), menambahkan bahwa dalam melakukan komunikasi di
internet, pada usia lebih muda, orang cenderung untuk lebih terbuka dan
menikmati menjalin hubungan interpersonal dengan orang-orang asing dan
teman-temannya. Sementara orang-orang pada usia menengah lebih memilih
berikteraksi dengan orang-orang di lingkungan kerjanya, dan pada dewasa akhir
cenderung berkomunikasi online dengan
teman-teman yang dikenalnya saja.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
gender, usia, dan budaya dalam interaksi manusia dan internet. Dimana gender
memengaruhi manusia dalam hal pola interaksinya dengan internet, sementara usia
memengaruhi manusia dalam hal pengenalan terhadap internet dan cara
berkomunikasi di internet, sedangkan budaya memengaruhi seluruh aspek-aspek
dalam interaksi antara manusia dan internet.
Internet merupakan salah satu hasil dari kecanggihan dan kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi buatan manusia. Internet adalah singkatan
dari Interconnected Networking yang apabila diartikan dalam bahasa
Indonesia berarti rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa
rangkaian jaringan. Fungsi internet bermacam-macam, dan salah satunya adalah
sebagai tempat komunitas jejaring sosial dunia maya. Jejaring sosial merupakan
suatu layanan dari sebuah cakupan sistem software internet yang memungkinkan
penggunanya dapat berinteraksi dan berbagi data dengang pengguna yang lain
dalam skala yang besar.
Situs jejaring sosial di internet bermacam-macam jenis dan
bentuknya, namun yang paling dikenal dan banyak digandrungi remaja jaman
sekarang adalah facebook, friendster, My Space dan twitter.
Pemanfaatan Internet tentu harus di sesuaikan dengan tingkat usia
anak. Usia anak SD rata-rata berkisar antara 7-13 tahun. Dan tingkatan itu
semua memiliki cara penanganan yang berbeda.
Berikut tahap pengenalan Internet pada anak sesuai tingkat
usianya.
a)
USIA 4 S/D 7 TAHUN.
Anak mulai tertarik untuk melakukan eksplorasi sendiri. Meskipun
demikian, peran orang tua masih sangat penting untuk mendampingi ketika anak
menggunakan Internet. Dalam usia ini, orang tua harus mempertimbangkan untuk
memberikan batasan-batasan situs yang boleh dikunjungi, berdasarkan pengamatan
orang tua sebelumnya. Untuk mempermudah hal tersebut, maka orang tua bisa
menyarankan kepada anaknya untuk menjadikan sebuah direktori atau search engine
khusus anak.
b)
USIA 7 S/D 10 TAHUN.
Dalam masa ini, anak mulai mencari informasi dan kehidupan sosial
di luar keluarga mereka. Inilah saatnya dimana faktor pertemanan dan kelompok
bermain memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan seorang anak. Pada
usia ini pulalah anak mulai meminta kebebasan lebih banyak dari orang tua. Anak
memang harus didorong untuk melakukan eksplorasi sendiri, meskipun tak berarti
tanpa adanya partisipasi dari orang tua. Tempatkan komputer di ruang yang mudah
di awasi, semisal di ruangan keluarga. Ini memungkinkan sang anak untuk bebas
melakukan eksplorasi di Internet, tetapi dia tidak sendirian. Pertimbangkan
pula untuk menggunakan software filter, memasang search engine khusus anak-anak
sebagai situs yang boleh dikunjungi ataupun menggunakan browser yang dirancang
khusus bagi anak. Pada masa ini, fokus orang tua bukanlah pada apa yang
dikerjakannya di Internet, tetapi berapa lama dia menggunakan Internet.
c)
USIA 10 S/D 12 TAHUN.
Pada masa pra-remaja ini, anak yang membutuhkan lebih banyak
pengalaman dan kebebasan. Inilah saat yang tepat untuk mengenalkan fungsi
Internet untuk membantu tugas sekolah ataupun menemukan hal-hal yang berkaitan
dengan hobi mereka. Perhatian orang tua tidak hanya pada apa yang mereka lihat
di Internet, tetapi juga pada berapa lama mereka online. Tugas orang tua adalah
membantu mengarahkan kebebasan mereka. Berikanlah batasan berapa lama mereka
bisa mengggunakan Internet dan libatkan pula mereka pada kegiatan lain semisal
olahraga, musik dan membaca buku. Pada usia 12 tahun, anak-anak mulai mengasah
kemampuan dan nalar berpikir mereka sehingga mereka akan membentuk nilai dan
norma sendiri yang dipengaruhi oleh nilai dan norma yang dianut oleh kelompok
pertemanannya. Sebelumnya, norma keluargalah yang banyak berpengaruh.
Pada usia ini, sangatlah penting untuk menekankan konsep kredibilitas. Anak-anak perlu memahami bahwa tidak semua yang dilihatnya di Internet adalah benar dan bermanfaat, sebagaimana belum tentu apa yang disarankan oleh teman-temannya memiliki nilai positif.
Pada usia ini, sangatlah penting untuk menekankan konsep kredibilitas. Anak-anak perlu memahami bahwa tidak semua yang dilihatnya di Internet adalah benar dan bermanfaat, sebagaimana belum tentu apa yang disarankan oleh teman-temannya memiliki nilai positif.
d)
USIA 12 S/D 14 TAHUN.
Inilah saat anak-anak mulai aktif menjalani kehidupan sosialnya.
Bagi yang menggunakan Internet, kebanyakan dari mereka akan tertarik dengan
online chat (chatting). Tekankan kembali pada kesepakatan dasar tentang
penggunaan Internet di rumah, yaitu tidak memberikan data pribadi apapun,
bertukar foto atau melakukan pertemuan face-to-face dengan seseorang yang baru
dikenal melalui Internet, tanpa sepengetahuan dan/atau seijin orang tua.
Pada usia ini anak-anak harus sudah memahami bahwa faktanya seseorang di Internet bisa jadi tidaklah seperti yang dibayangkan atau digambarkan. Anak pada usia ini juga sudah saatnya mulai tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas. Sangatlah alamiah apabila seorang anak mulai tertarik dan penasaran dengan lawan jenisnya. Mereka akan mencoba melakukan eksplorasi untuk memenuhi rasa ketertarikan dan penasaran mereka. Dalam masa ini, orang tua harus waspada terhadap apa yang dilakukan anaknya. Orang tua tidak harus berada di ruangan yang sama dengan anak ketika anak tersebut tengah menggunakan Internet.
Pada usia ini anak-anak harus sudah memahami bahwa faktanya seseorang di Internet bisa jadi tidaklah seperti yang dibayangkan atau digambarkan. Anak pada usia ini juga sudah saatnya mulai tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas. Sangatlah alamiah apabila seorang anak mulai tertarik dan penasaran dengan lawan jenisnya. Mereka akan mencoba melakukan eksplorasi untuk memenuhi rasa ketertarikan dan penasaran mereka. Dalam masa ini, orang tua harus waspada terhadap apa yang dilakukan anaknya. Orang tua tidak harus berada di ruangan yang sama dengan anak ketika anak tersebut tengah menggunakan Internet.
Masa ini merupakan masa yang tepat bagi kebanyakan orang tua untuk
bercerita dan berbagi informasi tentang hal-hal seksual kepada anaknya. Tetapi
di sisi lain, pemasangan software filter secara diam-diam ataupun tanpa
persetujuan sang anak, bisa berdampak pada timbulnya resistansi sang anak
kepada orang tua.
Pengaruh gender, usia, budaya dalam interaksi antara manusia dan
internet. terdapat aspek-aspek perkembangan pengguna internet yaitu,
bahwa dinamika faktor-faktor psikologis dalam interaksi ini ditemukan perbedaan
pada anak-anak akhir, remaja dan dewasa.
Hal ini terkait aspek-aspek perkembangan kognitif,
sosio-emosional pada masing-masing tahap perkembangan.
Kelompok anak-anak akhir menunjukkan nilai tertinggi pada faktor
eksplorasi diri dan
pemaparan diri. Kelompok anak-anak akhir ini menyukai pertemanan
melalui dunia maya
karena mendapatkan banyak teman baru dari interaksi ini. Anak-anak
akhir juga
menunjukkan perilaku sharing melalui dunia maya yang lebih tinggi
dibandingkan
kelompok lainnya.
Kelompok dewasa mempunyai nilai tertinggi pada faktor manajemen
impresi
dibandingkan kedua kelompok lainnya. Kelompok dewasa muda
melakukan lebih banyak pengaturan presentasi diri berdasarkan evaluasi
feedback lingkungan kepadanya.
Kelompok dewasa muda dan remaja menunjuk-kan skor yang lebih
tinggi pada faktor
pertimbangan interaksi dibandingkan dengan kelompok anak. Hal ini
terkait aspek
perkembangan kognitif yang belum sempurna pada anak-anak dan
mengindikasikan
perlunya pendampingan orang dewasa dalam interaksi anak-anak
dengan dunia maya.
Perbedaan tujuan interaksi, eksplorasi diri dan identitas dapat
dijelaskan bahwa anakanak akhir mempunyai tujuan interaksi “bermain”. Anak
laki-laki cenderung bermain
game online sementara anak-anak perempuan menyukai kegiatan
sosialisasi di jejaring
sosial dan menjelajah untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan
atau dipakai oleh
tokoh idola/teman favoritnya. Remaja mempunyai tujuan utama
beraktivitas sosial
komunikasi. Dewasa muda berinteraksi dengan tujuan sosial
komunikasi dan instrumental dengan pertimbangan yang lebih kompleks.
Anak-anak akhir mempersepsi interaksi ini sebagai kegiatan yang
“fun.” Remaja
mempertimbangkan interaksi ini sebagai aktivitas sosial yang
dilakukan demi
kepentingan sosial itu sendiri. Kelompok dewasa melakukan
pertimbangan lebih seksama dalam memilih aktivitas interaksi. Kelompok
anak-anak akhir bereksplorasi identitas dengan mengganti foto (profile
picture) secara teratur ataupun menggunakan nama-nama yang disukai
agar terlihat “fresh” dan bisa “fit in” dengan lingkungan sosial yang bernilai
untuknya. Kelompok remaja bereksplorasi identitas agar terlihat “cool” di
lingkungannya untuk kemudian menemukan identitas yang paling
sesuai, banyak
menggunakan asosiasi BirGing (basking in reflected glory) sebagai
cara presentasi
dirinya. Kelompok dewasa awal bereksplorasi identitas untuk
mengurangi tegangantegangan yang terjadi karena adanya daya tarik menarik
antara konsep diri dan pengaruh lingkungan.
Kelompok dewasa awal ini ditemukan paling banyak melakukan
multiplicity pada identitas onlinenya, menciptakan manifes-manifes identitas
online yang berbeda-beda untuk memfasilitasi kepentingan tertentu.
PENGARUH
NEGATIF INTERNET PADA PERKEMBANGAN REMAJA
Beberapa ahli mengungkapkan dampak negatif dari pemaparan internet terhadap remaja sebagai berikut :
1. Dampak pada perkembangan fisik
Interaksi remaja dengan internet banyak mengurangi aktivitas gerak karena konsep dari internet adalah memudahkan kehidupan manusia sehingga akan banyak mengurangi dalam bergerak. Saat ini dalam beraktivitas para remaja sudah banyak menggunakan perantara internet. Hal tersebut menyebabkan perkembangan fisik remaja yang terlalu dipapar oleh internet banyak mengalami physical decline. Contohnya problem visual seperti kelelahan mata, sakit kepala bahkan penglihatan kabur karena remaja lebih rentan daripada orang dewasa terhadap cahaya dan radiasi yang dipancarkan dari perangkat internet. Selain itu obesitas juga kasus yang sering terjadi akibat berkurangnya aktivitas fisik. Obesitas pada remaja dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan hormonal dan metabolismE yang akan menggiring terjadinya serangan jantung premature.
2. Dampak pada perkembangan emosi dan sosial
Pada remaja, perkembangan emosi tidak lepas dari interaksinya dengan lingkungan sosial. Bila lingkungan sosial yang ada di sekeliling remaja berupa lingkungan sosial yang “virtual” dan tidak pada kenyataannya, maka perkembangan emosi remaja juga cenderung tidak adekuat karena umpan balik dari lingkungan virtual dapat diatur sesuai kehendak individu sedangkan umpanbalik dari lingkungan nyata belum tentu sesuai dengan kehendak individu. Sehingga individu harus mengembangkan keterampilan sosial dan emosi untuk mengatasinya.
Saat ini telah dikembangkan berbagai jejaring sosial yang dapat mendukung terciptanya suatu lingkungan sosial “virtual”. Pada remaja, pengaruh negatif dari jejaring sosial ini dapat dilihat dari beberapa hal sebagai berikut :
a. Hilangnya privasi. Tidak seperti orang dewasa, remaja banyak yang cenderung mencantumkan identitas real dalam jejaring sosial yang mengakibatkan mereka dapat rentan terhadap hilangnya privasi dan kemungkinan abuse terhadap foto atau video yang kurang “appropriate” yang mereka posting didalam jejaring sosialnya.
b. Cyber-Bullying. Para remaja belum cukup matang untuk memahami dampak dari informasi yang dimunculkan dalam jejaring sosial sehingga banyak terjadi kasus perkelahian yang dimulai dari komentar atau status namun dianggap ejekan (bullying) melalui jejaring sosial.
c. Stranger-Danger. Para remaja sering masih kurang “aware” terhadap bahaya dari orang yang tak dikenal atau yang mengenal mereka namun memalsukan identitasnya dalam jejaring sosial. Menurut Pew Research Center, “32% dari remaja online telah dihubungi oleh seseorang yang tidak ada hubungannya dengan mereka dan 7% dari remaja online tersebut mengatakan mereka merasa takut atau tidak nyaman sebagai akibat dari kontak dengan orang yang tak dikenal secara online. Di Indonesia bahkan kasus remaja yang diculik dan kemudian diperkosa oleh orang tak dikenal melalui jejaring sosial sudah banyak terjadi.
d. Cyber-Stalking. Kejujuran remaja dalam jejaring sosial seperti melakukan posting tentang bagaimana rumah mereka, dimana sekolah mereka, menyebabkan orang asing yang berniat jahat sangat mudah untuk membuntuti dan bahkan membujuk mereka untuk bertemu muka dan akhirnya bisa melakukan tindakan kejahatan kepada mereka.
Beberapa Interaksi remaja dengan internet juga dapat berdampak pada perkembangan aspek emosi yang tidak adekuat. Bila internet digunakan tanpa control yang baik, maka akan menyebabkan tingginya resiko untuk menjadi ketergantungan (addiction). Beberapa kondisi emosi yang memungkinkan untuk berkembang menjadi suatu addiction terhadap internet, antara lain :
a. Kecemasan, bila internet digunakan untuk mengalihkan perhatian dari kecemasan maka justru akan beresiko individu untuk tidak mengatasi kecemasannya dan setiap saat mengalihkannya pada komputer yang dapat mengakibatkan kecanduan.
b. Depresi, internet dapat mengalihkan sementara dari depresi (terutama banyak website yang memberikan informasi tentang mengatasi depresi) namun bila digunakan tanpa kontrol justru tanpa disadari akan makin menyebabkan isolasi dari lingkungan yang akan menambah depresi.
Selain aspek emosi yang dapat menimbulkan kecenderungan addiction, internet dapat berdampak pada perilaku kurang sabar pada remaja karena internet cenderung membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dan instant sehingga secara emosi para remaja menjadi tidak terbiasa untuk bersabar.
3. Dampak pada perkembangan inteligensi
Beberapa ahli mengulas tentang pengaruh internet dalam perkembangan inteligensi karena internet sudah tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah ataupun di lingkungan sekolah.
Remaja saat ini mungkin menggunakan otak mereka jauh berbeda dengan remaja di generasi sebelumnya. Temuan bisa berarti bahwa teknik pengajaran saat ini dan metode pengujian belum tentu efektif dalam mengestimasi kecerdasan mereka.
Patricia Greenfield menelaah lebih dari 50 studi tentang dampak internet terhadap remaja. Dia menemukan bahwa media seperti internet dapat membatasi beberapa aspeK.
keterampilan mental mereka, tetapi juga membantu meningkatkan mereka dengan cara lain.
Dampak negatif dalam inteligensi dibuktikan oleh Lady Susan Greenfield, ahli syaraf dan profesor farmakologi sinaptik pada Lincoln College, Oxford, dan direktur Royal Institution. Beliau berpendapat bahwa remaja yang menggunakan internet secara berlebihan akan memiliki kecenderungan untuk mengalami hambatan dalam rentang perhatian, kebutuhan melakukan stimulasi secara segera (tidak sabar) , dan “rasa kebingungan dalam identitas.” Selain itu internet juga berdampak pada penalaran kritis karena hampir semua informasi telah tersedia sehingga para remaja menjadi kurang terampil dan cenderung untuk berkosentrasi hanya pada satu hal untuk jangka waktu yang lama dan menyulitkan remaja untuk memecahkan masalah yang membutuhkan waktu pendek dan kompleks.
4. Dampak pada perkembangan moral
Dampak dalam perkembangan moral terutama terjadi karena pemaparan pada situs-situs yang banyak mengandung unsur pornografi dan kekerasan. Banyak kasus di Indonesia tentang kekerasan dan kejahatan seksual pada remaja yang baik pelaku maupun korbannya adalah remaja akibat eksposure terhadap situs-situs internet yang tidak dikontrol oleh orangtua maupun orang dewasa lain yang bertanggungjawab terhadap perkembangan remaja di Indonesia.
Dampak negatif dalam perkembangan moral juga dapat terjadi karena adanya kesempatan untuk mengunduh isi situs tanpa ijin. Banyak orangtua yang mengajarkan anak-anaknya untuk tidak mencuri bahkan mungkin memberikan hukuman bila anaknya melakukan tindak pencurian. Namun bila hal tersebut dilakukan dengan perangkat internet (contohnya mengunduh secara illegal baik lagu atau film dengan berbagai cara), maka punishment dari orangtua sering tidak diterapkan.
Secara umum efek internet terhadap perkembangan moral diulas oleh Susan Willard dari University of Oregon melalui 4 faktor utama yang muncul dalam interaksi remaja dengan internet, yakni :
a. Lack of Affective Feedback and Remoteness from Harm. Dalam dunia nyata, suatu perilaku memiliki konsekuensi yang akan dirasakan langsung. Misalkan pada saat seorang remaja bertemu remaja lain dan melontarkan komentar “kamu jelek”; maka remaja yang mengejek akan langsung menerima konsekuensi mulai dari jawaban “tidak aku tidak jelek” sampai dengan perlawanan fisik bila remaja yang diejeknya merasa tersinggung. Melalui internet, perilaku negatif seperti diatas tidak akan
secara langsung dirasakan dampaknya. Kondisi ini dapat menyebabkan remaja mengembangkan perilaku moral yang tidak adekuat karena konsekuensi dari perilakunya sering tidak dirasakan secara langsung.
b. Reduced Fear of Risk of Detection and Punishment. Interaksi melalui internet dapat dilakukan secara anonim atau dengan memalsukan identitas. Hal ini menyebabkan individu dapat menghindar dari hukuman atau tanggungjawab atas suatu perilaku yang dilakukannya.
c. New Environment Means New Rules. Dunia maya melalui internet tampak seperti sebuah lingkungan baru yang berbeda dengan lingkungan nyata disekitar remaja. Oleh karena itu remaja sering beranggapan bahwa di dunia maya mereka boleh menerapkan aturan baru yang berbeda dengan aturan di dunia nyata yang sering bertentangan dengan dunia nyata seperti saling mengejek dan terkadang membuat lelucon yang tanpa disadari bisa menjadi suatu penghinaan terhadap remaja yang lain.
d. Perceptions of Social Injustice and Corruption. Adanya internet menyebabkan individu yang merasa ketidakadilan merasa berhak untuk memberikan perlawanan melalui internet. Mulai dari perilaku menentang dengan mengemukakan pendapat, hacking sampai dengan membongkar secara umum hal-hal yang dianggap rahasia namun potensial menimbulkan ketidakadilan seperti kasus Wikileaks yang marak akhir-akhir ini. Oleh karena itu individu berpotensi untuk melakukan perlawanan yang dalam dunia nyata membutuhkan suatu aturan-aturan untuk mengemukakan ketidaksetujuannya.
C. PENGARUH POSITIF INTERNET PADA PERKEMBANGAN REMAJA
Disamping berbagai dampak negatif dari internet terhadap
perkembangan remaja, ada pula dampak-dampak positif dari internet. Secara umum
internet mendorong tumbuhnya “rasa mampu” dan membantu remaja sebagai “alat” untuk
memecahkan masalah (problem solving). Selain itu internet juga sangat membantu
remaja untuk mendapatkan informasi yang luas. Permainan dengan menggunakan
internet berupa perangkat games juga memberikan kesempatan pada remaja untuk
mengenal prinsip dasar dalam teamwork dan berbagi serta melatih eye-hand coordination. Namun secara
mendetil dapat dijabarkan melalui pengaruhnya terhadap berbagai aspek
perkembangan sebagai berikut :
1. Dampak pada perkembangan fisik.
Salah satu dampak bila internet digunakan dengan tepat adalah adanya kemungkinan untuk melakukan aktivitas fisik tanpa dibatasi oleh waktu dan dapat dilakukan di rumah. Seperti game yang menggunakan dancing pad, dapat dilakukan setiap saat diwaktu yang senggang.
Selain itu informasi tentang kesehatan juga memberikan dukungan terhadap gaya hidup yang sehat dan pencegahan terhadap penyakit. Namun manfaat ini tidak langsung bisa didapatkan oleh remaja karena keterbatasan mereka dalam memahami dan menginterpretasikan informasi kesehatan yang didapatkannya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan pendampingan dari orang dewasa atau orangtua agar remaja bisa menginterpretasikan informasi yang benar tentang masalah kesehatan yang dapat mendukung perkembangan fisiknya.
1. Dampak pada perkembangan fisik.
Salah satu dampak bila internet digunakan dengan tepat adalah adanya kemungkinan untuk melakukan aktivitas fisik tanpa dibatasi oleh waktu dan dapat dilakukan di rumah. Seperti game yang menggunakan dancing pad, dapat dilakukan setiap saat diwaktu yang senggang.
Selain itu informasi tentang kesehatan juga memberikan dukungan terhadap gaya hidup yang sehat dan pencegahan terhadap penyakit. Namun manfaat ini tidak langsung bisa didapatkan oleh remaja karena keterbatasan mereka dalam memahami dan menginterpretasikan informasi kesehatan yang didapatkannya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan pendampingan dari orang dewasa atau orangtua agar remaja bisa menginterpretasikan informasi yang benar tentang masalah kesehatan yang dapat mendukung perkembangan fisiknya.
2.
Dampak pada perkembangan sosial dan emosi
Banyak remaja mengembangkan sense of power and accomplishment bila mereka mampu menggunakan internet. Bila orang dewasa cenderung melakukan interaksi yang pertamakali dengan internet karena alasan pekerjaan, maka umumnya remaja memulainya karena alasan bermain. Namun dari bermain dapat pula dikembangkan kemampuan kreatif, interaksi yang baik dengan teman yang lain, mengembangkan kemampuan komunikasi, bahkan memperkaya kemampuan berbahasa karena besarnya kemungkinan untuk melakukan kontak dengan remaja dari belahan bumi yang berbeda.
Banyak remaja mengembangkan sense of power and accomplishment bila mereka mampu menggunakan internet. Bila orang dewasa cenderung melakukan interaksi yang pertamakali dengan internet karena alasan pekerjaan, maka umumnya remaja memulainya karena alasan bermain. Namun dari bermain dapat pula dikembangkan kemampuan kreatif, interaksi yang baik dengan teman yang lain, mengembangkan kemampuan komunikasi, bahkan memperkaya kemampuan berbahasa karena besarnya kemungkinan untuk melakukan kontak dengan remaja dari belahan bumi yang berbeda.
Perkembangan sosial dan emosi yang mungkin didukung oleh adanya
jejaring sosial melalui internet adalah :
a. Relationship building & Cultural Awareness. Situs jejaring sosial jaringan memungkinkan remaja untuk bertemu teman baru dari Negara lain , membantu mereka menjadi lebih duniawi dan peka terhadap perbedaan budaya. Para remaja juga dapat tetap berhubungan atau membina hubungan kembali dengan teman-teman masa lalu mereka yang mungkin sudah tinggal jauh dari lingkungan mereka.
a. Relationship building & Cultural Awareness. Situs jejaring sosial jaringan memungkinkan remaja untuk bertemu teman baru dari Negara lain , membantu mereka menjadi lebih duniawi dan peka terhadap perbedaan budaya. Para remaja juga dapat tetap berhubungan atau membina hubungan kembali dengan teman-teman masa lalu mereka yang mungkin sudah tinggal jauh dari lingkungan mereka.
b. Identity. Para
remaja dapat berbagi minat dengan remaja lain, bergabung dengan kelompok,
mengembangkan rasa independent, dan bisa terlibat dalam ekspresi diri yang
positif dengan mempersonalisasi halaman profil dan berpartisipasi dalam diskusi
tentang topik-topik yang menarik perhatian mereka. Hal-hal tersebut sangat
dibutuhkan dalam membangun “sense of identity” dalam diri mereka.
c. Self-Esteem.
Berkaitan dengan pembentukan identitas di atas, jaringan sosial dapat membantu
membangun harga diri dan meningkatkan kepercayaan diri.
d. Battling
Depression. Adanya dukungan sosial dapat sangat membantu untuk mengatasi
depresi terutama pada para remaja. Tamaryn Stevens seorang remaja 17 tahun
didiagnosis dengan penyakit ginjal ketika dia berumur 10 tahun dan kemudian
menjalani operasi transplantasi. Tamaryn menggunakan jaringan sosial bernama
LiveWIRE setiap hari untuk chatting dengan teman online, memposting pemikiran
dan bahkan meng-upload puisi ungkapan hatinya. Dia mengatakan LiveWIRE “sangat
bermanfaat. Apalagi bila dalam situasi sosial yang nyata seperti sekolah anda
merasa sangat tidak berharga pada hari itu. Anda pulang dan Anda pergi ke
LiveWIRE dan ada orang untuk diajak bicara dan itu membuat hari Anda yang jauh
lebih baik.
3. Dampak pada perkembangan inteligensi
3. Dampak pada perkembangan inteligensi
Greenfield yang telah menelaah lebih dari 50 penelitian tentang penggunaan internet dalam perkembangan inteligensi remaja, menunjukkan adanya peningkatan dalam visual reasoning. Hal tersebut meliputi bagaimana individu mengindera secara visual dan memprosesnya hingga mencapai suatu kesimpulan.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa individu yang mendapatkan pelatihan berupa simulasi melalui komputer akan menunjukkan performa yang lebih baik dalam prakteknya di dunia nyata dibandingkan individu yang tidak melakukan simulasi.
Remaja zaman sekarang juga lebih baik dalam melakukan multitasking dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini tampaknya berkaitan dengan meningkatkan informasi visual yang harus diprosesnya pada saat bersamaan seperti saat mereka berinteraksi dengan internet.
4.
Dampak pada perkembangan moral
Beberapa aksi kemanusiaan dalam menghadapi peristiwa-peristiwa besar seperti bencana alam dapat diakses langsung oleh masyarakat luas, termasuk juga remaja pengguna internet. Aksi tersebut sering memicu tumbuhnya solidaritas untuk merasakan bahkan membantu individu lain yang sedang tertimpa musibah. Hal tersebut dapat mendorong perkembangan moral yang kuat.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar