Minggu
ke 6
Psikologi dan Internet dalam Lingkup
Interpersonal
BAB I
Pendahuluan
Terkaitan
antara dunia internet dengan manusia sudah menjadi hal mutlak yang ada saat
ini. Hal ini salah satunya menyebabkan lahirnya komunitas-komunitas dalam dunia
Internet (Komunitas online). Komunitas ini merupakan sebuah komunitas maya,
(tidak nyata) antar pengguna Internet dimana proses interaksi mereka melalui
media yang ada tanpa bertemu muka secara langsung. Tumbuhnya
komunitas-komunitas online didukung oleh banyaknya aplikasi-aplikasi yang
disediakan oleh para pengembang software untuk mendukung kegiatan tersebut.
Salah satu komunitas online yang paling populer adalah Forum Berbasis Web,
dimana anggotanya berasal dari seluruh penjuru dunia dan jumlahnya tidak terbatas.
Dari forum ini para anggota dapat saling bertukar informasi, berdiskusi, bahkan
ber-kenalan dengan anggota yang lain. Aplikasi untuk Forum Berbasis Web ini
jumlahnya cukup banyak, diantaranya yang paling populer adalah phpBB,
vBulletin, Simple Mechine Forum. Dari ketiga aplikasi ini yang dapat diperoleh
secara gratis dan lengkap adalah phpBB. phpBB menyediakan sebuah paket forum
yang sangat lengkap fasilitasnya. Disamping itu proses instalasi, konfigurasi
dan pengelolaannya terbilang cukup mudah. fakta bahwa perkembanganteknologi
media telah membentuk suatu team baru dalam komunitas yang disebut sebagai
online community atau komunitas online.
BAB II
Pembahasan
A.
Sejarah Komunitas Internet.
Berbicara tentang komunitas,ada
baiknya kita mengetahui dulu apa arti dari komunitas itu. Komunitas adalah
kumpulan orang yang saling berinteraksi diantara anggotanya berdasarkan adanya
kesamaan. Komunitas terbentuk bisa karena kesamaan asal daerah dari
anggotanya(misal: Paguyuban Madura,Komunitas Lampung,Komunitas Anak Medan),
kesamaan nama(misal: Komunitas Asep), kesamaan hobby(misal: Komunitas Mancing
Mania,Komunitas Parkour), kesamaan profesi(misal: Lawyer Club, Ikatan Akuntan
Indonesia), kesamaan menggunakan produk tertentu(misal : Komunitas Yamaha Club,Komunitas
Honda Tiger), kesamaan ngefans klub olahraga(misal : komunitas MU Mania,Jak
Mania),kesamaan menggunakan platform online tertentu(misal: Komunitas
Blogger,Tweeps,Facebooker).
Sebuah
komunitas harus melakukan kegiatan rutin yang menandakan bahwa komunitas itu
eksis. Dengan kata lain sebuah komunitas tanpa kegiatan menandakan komunitas
itu mati. Beberapa contoh kegiatan rutin komunitas:Komunitas Parkour Jakarta
rutin melakukan latihan fisik di Senayan setiap weekend, Komunitas Sepeda
Onthel rutin ngumpul dan bersepeda ria saat Car Free day, Komunitas B-H-I rutin
nongkrong bareng Jumat malam di seputar Bunderan HI. Tentunya orang-orang yang
bergabung dalam sebuah komunitas melakukan satu kegiatan bersama dalam suasana
bersahabat dan menyenangkan.
B.
Polarisasi dalam Internet – Polarisasi Kelompok.
Polarisasi adalah kecenderungan ke arah posisi
yang ekstrem. Bila sebelum diskusi kelompok para anggota mempunyai sikap agak
mendukung tindakan tertentu, setelah diskusi mereka akan lebih kuat lagi
mendukung tindakan itu. Sebaliknya, bila sebelum diskusi para anggota kelompok
agak menentang tindakan tertentu, setelah diskusi mereka akan menentang lebih
keras.
Berdasarkan perbedaan status,
keadaan, kepribadian, dan kebiasaan para pengguna internet umumnya akan
terbentuk kelompok-kelompok atau forum-forum yang memiliki tujuan
masing-masing. Pengelompokan di internet juga dapat berasal dari fasilitas
internet yang beragam seperti beragamnya layanan yang disediakan internet
seperti fasilitas jejaring sosial, fasilitas streaming, fasilitas berbagi
informasi, fasilitas unggah dan unduh, fasilitas jual beli, fasilitas cloud
software, dan sebagainya. Hal tersebut dapat kita katakan sebagai sebuah
polarisasi internet, yang daripadanya akan terbentuk kelompok-kelompok
pengguna.
Sebagai contoh polarisasi yang
diakibatkan oleh fasilitas internet adalah pembentukan kubu para pengguna.
Misalkan anda adalah pengguna layanan jejaring sosial dibawah. Maka
disadari atau tidak anda sudah ikut terpolarisasi dan menjadi bagian dari salah
satu kelompok pengguna salah satu fasilitas jejaring sosial diatas. Karena
tanpa disadari anda akan mengatakan hal seperti “Hai kamu sudah mendapatkan
materi yang aku share di facebook” atau “Periksa tweet saya ya, mungkin kamu
akan terkejut” dan anda akan mengatakan hal yang demikian hanya dengan orang
yang memiliki akun di jejaring sosial yang sama karena tidak mungkin anda
menyuruh orang yang hanya memiliki akun facebook untuk menanggapi tweet anda
maupun sebaliknya terkecuali telah dilakukan proses sinkronisasi daiantara
keduanya.Selain itupun polarisasi dapat terjadi karena perbedaan layanan pada
internet seperti :
1. Jejaring Sosial,
Disini
user dapat berbagi informasi dan data pribadi maupun berbagi pengetahuan dengan
teman yang menggunakan jejaring sosial yang sama. Seperti munculnya sekelompok
pengguna facebook atau twitter.
2. Streaming
Dengan fasilitas streaming user
dapat berbagi video mereka, serta dapat mengomentari serta me-rating video
sendiri maupun orang lain yang mengupload videonya ke situs streaming tersebut.
3. Forum Komunitas Maya
Forum
Komunitas maya adalah proses polarisasi internet yang paling jelas terlihat,
karena didalamnya jelas terlihat sekumpulan orang dengan kesamaan tertentu
seperti kesamaan tempat tinggal, status, hobi, serta kepribadian.
4. Cloud Storage
Fasilitas
cloud storage juga merupakan salah satu aspek yang terlibat dalam polarisasi
internet. Beberapa user biasanya lebih memilih menggunakan beberapa situs
storage lokal yang meminimalisasi waktu unduh dan unggah sementara yang lainnya
memilih situs storage luar yang memiliki kapasitas besar.
5. Surel
Surel
atau surat elektronik adalah fasilitas penyedia surat-menyurat elektronik
(e-mail). Walaupun terdapat kelompok pengguna dalam fasilitas surel, hal ini
tidak menutup pengguna fasilitas surel provider lain berkomunikasi dengan kita.
6. Blog
Dengan
fasilitas blog, user dapat membagi informasi tentang berbagai hal kepada
pembaca blog tersebut. Di internet terdapat beberapa situs yang menyediakan
jasa penyediaan blog seperti Blogspot, WordPress, Ngeblogs dan sebagainya.
7. Milist
Milist
atau kependekan dari Mailing list memiliki fungsi sebagai penyedia kelompok
diskusi online secara real time. Di dalam milist terdapat kelompok-kelompok
yang dibagi berdasarkan topic yang dibicarakan dalam kelompok.
8. Chatting dan Teleconference
Layanan
chatting dan teleconference dapat digunakan user untuk mengobrol dengan user
lain secara real time, bahkan dengan teleconference user dapat bertatap muka
dengan user lain secara real time.
Dengan adanya polarisasi internet
berdasarkan kegunaanya dapat terjadi pengelompokkan. Baik kelompok yang
memiliki tujuan ataupun sebuah kelompok orang yang memiliki kesamaan nasib atau
pilihan. Polarisasi internet bahkan dapat terjadi pada sekelompok orang yang
secara tidak sadar menggunakan google sebagai search engine, memang tidak ada
hubungan/ komunikasi antara mereka namun orang dapat memandang bahwa mereka
adalah pengguna google atau “kelompok” orang yang menggunakan web browser
google.
Selain itupun dalam dunia maya
terdapat forum yang dimana setiap anggotanya menyadari mereka adalah bagian
dari forum itu atau bagian dari kelompok itu. Contohnya adalah pengguna forum
kaskus yang akan melabelkan setiap anggotanya sebagai kaskusers. Serta dalam
kelompok tersebut biasanya terdapat suatu aturan yang tertulis maupun yang
berupa tata krama yang merupakan aturan bagi kelompok tersebut dalam bertindak
dan berbuat, seperti pelarangan memberikan komentar berbau SARA, flaming, atau
spam di suatu thread (artikel)yang merupakan aturan tertulis serta kata sapaan
“gan” atau “sis” yang digunakan anggota forum dalam berkomunikasi sesama
anggota.
C. Kelompok Unik dalam Internet –
Kelompok Kerja Virtual.
Di dalam dunia internet terdapat
banyak sekali kelompok-kelompok atau biasa yang disebut dengan komunitas
(fanbase) dari kelompok musik, kelompok jual beli barang, kelompok sosial, dsb.
Ini sangat bermanfaat bagi si pengguna karena mulai dari dunia maya kita dapat
mengenal satu sama lain orang-orang yang mempunyai hobi dan kebiasaan yang
sama, orang-orang yang tadinya tidak kita kenal tetapi dengan adanya kelompok
unik ini melalui internet kita dapat bersosialisasi dengan anggota-anggota
lain. Hobi yang sama, mempunyai barang yang hampir sama karena sama-sama
memiliki rasa kekaguman sehingga apapun barangnya, bagaimanapun bentuk dan cara
menggunakannya kalau sudah terlanjur suka dan kagum pasti akan terus-menerus
dicari, bahkan ada yang sampai mencari barang yang dia suka dia dengan
keberaniannya serta niat yang sangat tinggi sampai ke luar negeri. Ini mungkin
ada beberapa contoh analisa tentang kelompok-kelompok unik dalam
D. Kelompok Kerja & Brainstroming
Elektronik.
Brainstorming merupakan teknik
kreativitas yang dirancang untuk menghasilkan sejumlah ide - ide besar untuk
solusi suatu masalah . Elektronik brainstorming adalah versi komputerisasi dari
teknik brainwriting manual. Hal ini biasanya didukung oleh sistem rapat
elektronik (EMS), tetapi juga bentuk yang lebih sederhana dapat dilakukan
melalui email dan mungkin browser berbasis, atau menggunakan peer-to-peer
software. Dengan sistem pertemuan elektronik, peserta berbagi daftar ide di
atas internet. Ide dimasukkan secara independen. Kontribusi segera menjadi
terlihat untuk semua dan biasanya anonim untuk mendorong keterbukaan dan
mengurangi prasangka pribadi. Modern EMS juga mendukung sesi brainstorming asynchronous
selama waktu yang lama serta kegiatan tindak lanjut khas dalam pemecahan
masalah secara kreatif kategorisasi proses seperti ide, penghapusan duplikat,
penilaian dan diskusi atau kontroversial diprioritaskan brainstorming ide.
E. Mengembangkan
Kepercayaan dalam Tim Virtual.
Untuk menciptakan teknologi baru
para anggota Tim Virtual dituntut untuk berkolaborasi antar anggota tim . Hal
ini hars ditunjang dengan dipupuknya kepercayaaan antar anggota tim . Hal ini
dapat dilakukan oleh Leader tim dengan melakukan langkah - langkah sebagai
berikut :
- Meningkatkan tanggung jawab bersama
- Pertukaran informasi
- Pengembangan ide - ide baru
- Memberikan motivasi kepada team
- Berani mengambil resiko dan tanggung jawab ketika proyek tersebut mendapat masalah dan dengan cepat menyelesaikan masalah tersebut
- Menciptakan kejujuran dan keterbukaan satu sama lain
BAB III.
Kesimpulan
Media sosial adalah sebuah media
online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan
menciptakan isi meliputi blog, jejaring social, wiki, forum dan dunia virtual.
Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Berdasarkan perbedaan status,
keadaan, kepribadian, dan kebiasaan para pengguna internet umumnya akan
terbentuk kelompok-kelompok atau forum-forum yang memiliki tujuan
masing-masing.
Pengelompokan di internet juga dapat
berasal dari fasilitas internet yang beragam seperti beragamnya layanan yang
disediakan internet seperti fasilitas jejaring sosial, fasilitas streaming,
fasilitas berbagi informasi, fasilitas unggah dan unduh, fasilitas jual beli, fasilitas
cloud software, dan sebagainya. Hal tersebut dapat kita katakan sebagai sebuah
polarisasi internet, yang daripadanya akan terbentuk kelompok-kelompok
pengguna.
Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial#Situs_jejaring_sosial
http://deathneverlost.wordpress.com/2012/10/31/polarisasi-dalam-internet-hingga-terbentuk-kelompok/
http://artikelduniawanita.com/fakta-unik-tentang-komunitas-internet.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar